Posted by : Rhyf Ahmad Thursday, June 07, 2012

Pada saat kita melakukan penghitungan data di dalam Microsoft Excel, terkadang terdapat data yang memerlukan pembulatan. Terutama jika kita melakukan penghitungan yang menyangkut kurs mata uang. Rupiah misalnya, jika kita melakukan penghitungan yang hasilnya 23.468, maka kita akan mengalami kesulitan mendapatkan 32 Rupiah untuk kembalian si pelanggan. Oleh karenanya, di dalam postingan ini akan dijelaskan bagaimana caranya agar kita bisa membulatkan hasil penghitungan tersebut.
Terdapat tiga fungsi utama di dalam Microsoft Excel untuk melakukan pembulatan, yaitu fungsi ROUND, ROUNDUP dan ROUNDDOWN. Kita bahas satu persatu yah, yang pertama ROUNDUP.
Fungsi ROUNDUP digunakan untuk membulatkan angka ke atas, fungsi yang digunakan adalah =ROUNDUP(number;num_digits).
Silahkan ketikkan angka 23.778 pada cell B3, lalu ketikkan rumus =ROUNDUP(B3;-2) ke dalam cell C3. Maka hasilnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :


B3 pada fungsi =ROUNDUP(B3;-2) merupakan cell yang datanya akan kita bulatkan, sedangkan -2 merupakan jumlah digit yang akan kita bulatkan ke atas.
Selanjutnya, ketikkan fungsi =ROUNDDOWN(B3;-2) pada cell D3. Fungsi ROUNDDOWN digunakan untuk membulatkan angka ke bawah.
Yang terakhir, ketikkan fungsi =ROUND(B3;-2) pada cell E3. Fungsi ROUND digunakan untuk membulatkan angka  ke angka terdekat setelah pembulatan. Hasil dari ketiga fungsi di atas bisa dilihat pada gambar di bawah ini :


Bagaimana? Mudah bukan??
Semoga bermanfaat yah sob..

Leave a Reply

Agan bisa request artikel, software atau saran-saran melalui komentar ini.
Mohon tunggu ye balesannya, karena Admin gag tiap hari onlennya.
Hee.. :)
Ato kalo agan pen cepet di bales, invite aja gan BBM ane 7D48F947
Ato follow Twitter ane gan, di @rhyfahmad

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

- Copyright © Madriva -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -